Mobil Honda Mobilio VS Mobil Avanza

komparasi Honda Mobilio VS Avanza di media mesin pencari sangatlah tinggi, semenjak mobil Honda Mobilio di luncurkan di ajang IIMS 2013. Ada hal lain yang juga harus anda pertimbangkan dalam memilih mobil keluarga, seperti pertimbangkan luas garasi mobil yang ada di rumah anda, serta kualitas jalan yang sering anda lewati. Terutama menuju ke lokasi rumah dan ke lokasi dari tempat kerja anda. Luas bagasi dan kualitas jalan yang sering anda lewati, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anda setelah membeli mobil.

Saya akan membandingkan Honda Mobilio VS Avanza Veloz, mulai dari eksterior, interior, mesin, fasilitas keamanan dan keselamatan, harga jual baru serta after sales service. Yang pertama kali terlihat adalah desain exterior, karena Honda Mobilio di launching terakhir maka desainnya juga lebih modern dengan garis-garis yang lebih sporty, sehingga tidak tampak polos saja tetapi ada lekukan yang menambah kegagahan mobil ini. Tetapi secara umum desain memang tergantung selera, ada yang lebih suka polos atau datar tapi ada yang suka lebih agresif atau sporty.

Terlihat dengan cc yang sama maka Honda Mobilio mempunyai Power yang paling besar. Hal ini karena keunggulan teknologi mesin Honda dimana konfigurasi mesin Mobilio sama seperti yang dipakai pada mesin Honda Freed dan Honda city.

Uniknya dengan power yang paling besar tapi BBM nya paling irit karena Mobilio dilengkapi dengan teknologi Honda terbaru yang lengkap yaitu  i-VTEC + new SOHC + ECO + Drive by wire . Hasilnya adalah tenaga besar, BBM irit dan suara halus. Kenapa suara bisa lebih halus karena ada Honda new SOHC. Memang pada generasi lama system SOHC akan membuat tenaga berkurang dibanding DOHC, tetapi dengan teknologi Honda terbaru kemampuan SOHC setara dengan DOHC dengan kelebihan SOHC yaitu suara yang halus dan efisien dalam BBM. Bahkan karena di dukung teknologi Honda lainnya maka tenaga malah menjadi lebih besar dibanding mobil sekelasnya. Kesimpulannya dari sisi konfigurasi mesin Honda Mobilio memang berada diatas mobil sekelasnya.

Perbandingan Mesin

SpesifikasiHonda MobilioAvanza Veloz
Tipe Mesin4 Cyl, 16 V SOHC i-VTEC + DBWIL, 4 Cyl, 16 V, DOHC, VVT-i
Suplai BBMPGM-FIEFI
Diameter x Langkah (mm)73.0 x 89,4 72.0 x 91.8
Isi Silinder (cc)1.4961.495
Daya Maksimum (Ps/rpm)118/6.600104/6.000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm)14,8/4.60013.9/4.400

Dilihat dari perbandingan mesin Honda Mobilio VS Avanza Veloz, kedua mesin mobil Low MPV keluarga ini memakai sistem fuel injection, dengan kapasitas isi silinder yang hampir sama.